Uniknya komunitas pecinta Jepang dibandingkan dengan ‘komunitas tetangga’

I_love_Japan_by_ChibiRat3019.jpg.scaled600

Kadang saya berpikir bahwa acara – acara seperti Hellofest, Cos-Gath, J-Fest, Bunkasai, Japan Matsuri, Gelar Jepang UI dsb, adalah sarana penyeimbang yang bisa memberikan kesan ‘strike back‘ plus alat kejut untuk KIMCHI (Korean idols music concert hosted in Indonesia), untuk menyadarkan mereka bahwa masih banyak komunitas – komunitas jejepangan yang tetap hidup dan masih exist ditengah serbuan Hallyu Wave yang tidak jelas ini.

Ngomong – ngomong soal Hallyu Wave, semoga Tuhan mengembalikan mereka ke jalan yang benar..

Komunitas – komunitas pecinta Jepang seperti ini adalah komunitas – komunitas yang umumnya sudah kuat, terorganisir, punya warna yang khas (saling berbeda) dan gampang diterima. Ibarat kata, mereka sudah memiliki ‘akar’ yang kuat, karena saking banyaknya segi – segi di komunitas ini yang memungkinkan kita untuk menyukai semua keunikan tentang Jepang. Sebagai contoh : Japanese Culture (Bahasa Jepang, Ikebana, Ohanami, Attitude of work / seni beladiri eg, Kendo, Karate, Aikido, Kempo, / sejarah eg, benteng Edo, Kinkakuji, Tokyou Tower), Cosplay (Anime Base, Gothic, Original, Lolita, Harajuku), Tokusatsu (all about Kamen Rider, Ultraman, Metal Hero), J-music (L’Arc~en~Ciel, Gackt, Luna Sea, DIR EN GREY dsb), Dorama (Japanese Film and Drama), Makanan (restoran Jepang kaya Sushi, Yakiniku, Bento, Unagi, Yakimeshi dsb), Industries (perusahaan asal Jepang, mobil, motor, farmasi, konsultan), Manga (banyak), Anime (lebih buanyak lagi). Nah, pertanyaannya, Anda menyukai Jepang karena apa ? karena siapa ? dari mana ? Jawabannya pasti tidak jauh – jauh dari apa yang sudah saya sebutkan diatas bukan ?

Satu hal yang membuat saya salut dengan komunitas ini adalah apapun background komunitas mereka, entah komunitas pecinta musik Jepang, tokusatsu, manga, anime, cosplay, kebudayaan dsb, sewaktu ada kegiatan acara macam Matsuri, Bunkasai, Gelar Jepang atau yang baru saja selesai diselenggarakan, Hellofest, mereka tetap solid, menyatu, membaur meskipun pada kenyataannya mereka menyukai Jepang dari sisi yang berbeda – beda. Sound nice, right?. Memang biasanya di acara – acara gathering atau kumpul – kumpul seperti itu banyak sekali booth – booth yang sengaja menjual aneka macam merchandise tentang Jepang, entah itu buku kebudayaan, komik (manga) asli Jepang, CD musik, film, makanan dan bermacam – macam handicraft lain yang tentu saja berhubungan dengan Jepang. Nah disinilah tujuan mereka dateng, selain untuk melihat panggung musiknya, untuk orang yang gemar musik Jepang bisa langsung membeli CD musik Jepang disitu, yang hobi ngeliat film/dorama Jepang juga bisa membeli di booth film – film Jepang, untuk otaku yang demen ngoleksi manga asli Jepang juga banyak yang jual, atau yang suka ngumpulin cinderamata unik kaya boneka Daruma, Maneki Neko, Teru Teru Bozu dsb, juga bisa dicari di booth – booth yang menjual barang – barang tersebut. Lengkap bukan ? inilah yang saya maksud dengan komunitas ini memiliki ‘akar’ yang kuat, karena ditopang oleh banyak sekali keanekaragaman budaya, kesukaan dan hobi yang tumbuh disitu. Ini ibarat Anda membeli rumah baru yang lengkap dengan tempat tidur, TV, AC, mesin cuci, kipas angin, meja makan dll. Satu paket alias tidak kosong melompong. Untuk urusan ini, Jepang ternyata sangat cerdas dalam mempromosikan negaranya.

Hal lainnya yang membuat saya salut adalah mulai banyaknya musisi – musisi lokal yang bermunculan namun dengan konsep musik Jepang. Mereka adalah band – band yang selama ini sudah sangat survive untuk tetap berada di jalur musik jejepangan ini, walaupun demi masalah promosi kadang mereka juga mulai pindah orientasi musik, namun di acara – acara jejepangan seperti ini mereka juga kerap manggung dan mengisi acara disitu. Walaupun banyak dari band – band indie jejepangan ini yang sudah mulai terkenal, salutnya mereka tidak lupa dengan genre awal mereka. Kalian semua sudah tahu kan band Indonesia yang namanya sangat identik dengan salah satu genre musik Jepang itu ? walaupun mereka sudah sangat terkenal namun mereka masih tetap menghargai genre musik Jepang ini, karena memang dari jenis musik inilah mereka awalnya bisa dikenal oleh dunia. Nah, inilah kami, inilah kita, satu komunitas yang terdiri dari berbagai macam kumpulan hobi, kesukaan, kegemaran yang bergabung menjadi satu. Tetap solid. Tetap kreatif.

Sebaliknya, hal ini sangat kontras jika kita membandingkan dengan ‘negara tetangga’ Jepang yang hanya komersil dari segi musik dan drama saja. Ada lagi? (tolong kasih tahu saya kalau ada yang lain). Maaf jika saya salah dalam mengatakannya, tapi kenyataannya memang seperti itu, mereka yang selama ini mengaku suka genre Hallyu itu gampang untuk di tebak. Saya kasih contoh :

————————–

Saya : “Maaf, mau nanya nih, Anda suka sekali Korea ya ?”

K1 : “Oh iya, saya suka Korea”

K2 : “Ya iyalaah !! gak liat nih baju gw gambarnya SNSD gini ??”

Saya : *biasa aja kalee jawabnya…*

K2 : “Mank lo kenapa nanya2 gitu, lo suka Korea juga ya ??”

Saya : “Oh tidak, saya cuma mau nanya aja, oh iya, kalo boleh tau, Anda berdua suka Korea karena apa ya ? dari ma..” (langsung kepotong)

K2 : “Wuaaahhh.. gw suka banget sama Korea gethooo!! tau kan lo kalo di Korea ada Super Junior ?? aaaww Choi Si Won SuJuuu.. ai lop yuuu.. eh tau gak si lo kalo mantan pacarnya Jessica SNSD itu buanyaakk banget lhoo!! baru tau gw. ha..ha..ha.. eh btw, waktu 2PM dateng ke Jakarta, gw surprise banget loohh.. aaahhh.. Taecyeon ganteng bangett.. apalagi temennya si.. bla..bla..bla..bla..bla.. (360kali)

Saya : “ ………… “

K1 : “Jangan dipikirin, dia emang orangnya kaya gitu, terus kamu mau nanya apa lagi ?”

Saya : “emm, kalo kamu sendiri suka Korea karena ap..” (langsung kepotong lagi)

K1 : “Whoaaaaa… aku suka banget Korea sejak ngeliat Full House di tipi, ihh gilaaaa… Song Hye-Kyo cocok banget maen dramanya ama Rain, ‘The Most Romantic Couple in the World!!!’ etapi sekarang aku lagi demen liat Joo Ji Hoon sama Kim Jeong Hoon di Princess Hours, mereka cakep2 ternyata .. Boys Before Flower juga keren loh, malah lebih kerenan versi ini dari pada versi Jepangnya. terutama si Lee Min Ho, iihh.. Min Ho kamu ganteng bangeeetttt. terus kamu tau ga.. bla..bla..bla..bla..bla.. (890kali) ← *lebih parah*

Saya : *duh, saya lagi ada dimana iniii.. ?* *garuk2 kepala*

————————–

See ? gampang kan ? tidak banyak nilai determinannya, kalau tidak musik, ya drama. itu saja. (tolong kasih tahu saya kalau ada yang lain).

申し訳ありません間違った単語がある場合、 ありがとう。。

18 thoughts on “Uniknya komunitas pecinta Jepang dibandingkan dengan ‘komunitas tetangga’

  1. hahaha…..
    asli ini blog, menurut ane orang Indonesia kebanyakan suka Jepang krn anime sama Tokusatsu. Nah dari kedua hal itu berkembang keranah musik jepang dan segala tetebengek yg berbau jepang…

  2. wahahah iya bnr, saya suka korea juga tp untuk urusan festival, menurut saya Jepang jauh lbh unggul. Setiap festival korea yang pernah saya datangin, dari ujung ke ujung isi boothnya seragam…

  3. setuju banget nih sama yg punya blog,, saya jg prnah suka sama kore2 gt,, tp gk lama,, cuman tahaan stgah tahun,, kburu bosen,,heheh.. klo suka jejepangan udh dari SD,, ampe akhirnya kuliah jrusan bhs jpang,, dan smpt k jpang jg bntar,, *tp no 1 ttp indonesia 🙂

    buat yg mau skolah nihon go gakkou d Osaka,, bs daftr mlalui saya. biaya nya bs bayar 6 bulan dulu,, ud gt d kasih krja parttime,, jd bs bayar spp smstr depannya dr gaji parttime 0811-2274-266,, fitria 🙂

  4. BuaT Pecinta komik dan manga jepang..@Ambassador_cafe FB : ambassadorcafe.jkt
    Check this out guys …..
    Jl.bulungan no.16 jaksel
    Banyak banget komik jepangnnya …..

  5. Melody One Entertainment
    Lowongan Personil Group Band
    Dicari PERSONIL untuk membentuk Group Band bergenre JEPANG POP-ROCK, pendaftaran audisi terbuka mulai tanggal 26 Mei – 26 Juni 2014. Segera kirimkan CV beserta foto anda dan video perform anda dalam format Mp4/3Gp yang disimpan dalam file .zip/.rar atau link youtube perform anda ke melodyone@ymail.com
    Atau
    Kirimkan CV beserta foto anda dan video perform anda dalam bentuk CD/DVD dengan format Mp4/3Gp ke alamat Perkantoran Fatmawati Mas Blok 1/122 Jl. RS. Fatmawati No. 20, Jakarta 12430.
    Hubungi : Diana, 021-765-4926 / 27

  6. Setuju bro, gue juga suka jepang-jepangan dari SD, awalnya ya dari anime sama tokusatsu, terus ke manga, terus dengerin lagu2 soundtrack anime terus mulai suka laruku, malice mizer dll pas smp, pas sma sampe kuliah mulai rutin ikut acara2 jejepangan, drama sama film2 jepang juga gue lahap, game2nya jg apalagi. Sampe skrg udah mau punya anak juga masih demen gue sama jejepangan.
    Buat gue jejepangan ga bakal mati bro, komunitasnya udah kuat. Banyak yg bisa diceritain. Ga kaya korea cuma booming bentar, nanti jg bakal ilang sendiri, biasanya yg cepet booming cepet jg dilupain bro 🙂

  7. Halo Pecinta Jepang:)

    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi Anime menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  8. sore ka, saya salah satu pecinta jepang. minta tolong bantuannya untuk visit di blog saya di mayabeeallaboutjapan.blogspot.com , tugas kampus ka. 1 klik sangat berarti hehe, makasih .

  9. Jepang emang the best forever buat gue..
    Gue emang suka banget sama anime,bahasa jepang dan musik jepang dari klasik,pop,rock sampe metal”annya..hehehe
    Tapi yang bikin gua tertarik buat ngedalemin kejepang”an itu prinsip bushido nya yg mengakar kuat dan menjadi ciri khas bagi watak perilaku dan budaya orang jepang itu sendiri..
    Bagi gua jepang itu kakoii desu yoo..!!!

  10. Keren banget!! Saya juga disini sangat menyukai jepang !!
    dari budaya, manga, sampe keindahan alamnya benar benar mempesona sekali

    Oh ya untuk teman tema yang butuh JR pass atau kebutuhan lain seputar trip ke jepang bisa datang ke web ini ya.

    http://www.japantrips.co/

    Kokoro kara kansha shimasu !

  11. Gue lagi cari komunitas komunitas jepang nih di jakarta untuk wawancara dan social mapping. Punya kontak atau kenalan komunitas jepang gak? Thanks

Leave a Reply

